Kamis, 23 Januari 2014

Catatan Abi Muda #07: Berhujan-hujan ria yuuk, nak!



Saya teringat masa kecil saya, betapa menyenangkan dan indah. Jika hujan tiba, saya akan berburu mangga jatuh bersama teman-teman yang lain, saya pun harus sigap agar bisa dapat mangga, tak hanya itu, saya juga harus mengatur strategi.
Jika subuh tiba, saya akan bergegas untuk mencari biji mlinjo yang jatuh, kemudian saya kumpulkan dan saya jual untuk membeli jajanan. Tak hanya itu, dulu di sebelah kampong saya memulai proyek pembangunan sebuah pabrik, ada penggalian tanah yang cukup besar sekali, entah untuk apa, saya tak peduli. Saya dan teman-temanpun memanfaatkan lubang itu sebagai kolam renang yang besar jika hujan turun lebat.


Duh, masa kecil yang begitu menyenanngkan. Tapi jaman sudah berubah, kini saya sudah punya anak kecil. Semua permainan sudah tersedia di rumah, bahkan ada di laptop/atau komputer kita. Tidak harus keluar rumah. Jika hujan tiba, kita pun cenderung memprotek mereka untuk tidak hujan-hujanan.
Suatu hari, saya bertemu dengan seorang dosen yang baru pulang dari Jepang. Beliau menyampaikan, bahwa TK di Jepang murid-muridnya dilarang untuk memakai sandal atau sepatu ketika masuk ke dalam sekolah, bahkan sudah harus dicopot ketika masuk pagar di sekolah. Sedangkan kita, setiap aktitifats anak kita wajibkan untuk memakai sandal. Di Jepang, sekolah mereka diberi pasir, lantai dari kayu, juga disediakan air untuk berbasah ria. Mereka memang menciptakan tempat agar saraf-saraf kaki dan tangan mereka bisa teranggsang  kecerdasannya ketika menyentuh tanah, pasir air, bahkan ketika hujan juga dibiarkan main di luar ruangan. Sunguh bebeda dengan di Indonesia bukan?

Karena terkenang masa lalu, juga pengetahuan baru, saya pun mulai sesekali mengajak anak saya untuk berhujan-hujan ria, juga seswkali membiarkan anak saya untuk tidak memakai sandal ketika bermain, meski harus repot mencuci kaki mereka setelah usai dari bermain, tapi bagi saya yang lebih penting adalah perkembangan kecerdasan anak. Yuuk, abi-/umi, mari sesekali anak kita diajak berhujan-hujan ria! Seruuuuu lho….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar