Kamis, 16 Januari 2014

Catatan Abi Muda #03: Darimana Si Kecil Kulakan Kata?



Huff…suatu hari ada kata-kata tidak baik meluncur keluar dari mulut si kecil, tentu sebagai seorang abi, saya sangat kaget, padahal kata-kata itu tidak pernah kita ajarkan, juga tidak pernah digunakan di rumah. Nah loch! Abi-umi muda pasti pernah mengalaminya juga bukan? Tentu kita akan kaget, darimana si kecil kulakan kata-kata tersebut. Di rumah tidak dikenalkan,  si kecil juga kita sekolahkan di sekolah IT. 

Si kecil bisa jadi kulakan dari teman sepermainan di rumah atau sekolah, karena tidak ada jaminan meskipun ia sekolah di IT, walaupun pihak sekolah IT sudah berusaha mendidik dengan baik. Mau menyalahkan siapa? Nah loch! Anak kecil ibarat mesin foto copy tercanggih setiap kata atau perilaku itu baik atau buruk akan sangat mudah di foto copy oleh si kecil.
Nah, abi-umi muda, mari membersamai anak dengan baik, tugas mendidik adalah tugas bersama, bukan kita serah bongkok`an kepada sekolah, semua harus bersinergi baik kita sebagai orang tua, sekolah dan lingkungan harus kita bentuk yang baik agar menciptakan ruang yang baik pula.

Edit Kata
            Abi-umi muda, jika kata itu sudah terlanjur keluar dari mulut si kecil, maka tugas kita untuk memahamkan anak bahwa kalimat itu tidak baik, layaknya computer, kita harus bisa mengedit, atau refres si kecil agar kata-kata itu tidak keluar lagi. Ingat, kita harus terus-menerus mendampingi si kecil agar benteng pertahanan kita tidak jebol, lengah sedikit saja, bisa jadi benteng itu akan runtuh.
            Kegiatan mengedit juga butuh energi, untuk itu kita harus menyiapkan energi, selain kita bekerja, kita juga harus menyiapkan energi tersendiri, jangan kita berikan sisa-sisa energi untuk mendampingi anak, justru energi yang besar harus kita curahkan untuk mendidik si anak, karena ia adalah investasi akhirat kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar