Rabu, 21 Juli 2010

Perlombaan Paling Keren



Nonton TV sambil makan kacang, wuis asyik, ya! Apalagi kalau yang dilihat adalah acara perlombaan. Satu Rt bisa gabung jadi satu, ck, ck… emang yang namannya perlombaan kalau di tonton rame-rame tambah seru dan asyik. Nah, Gizoner pasti juga sering nonton, kan?
Di belahan bumi ini ada beberapa perlombaan yang bikin heboh penghuni muka bumi ini. Tapi tahu nggak bagaimana perlombaan itu bisa muncul di permukaan bumi ini? Perlombaan tersebut diantaranya adalah;

All England

Kejuaraan ini sebenarnya telah berumur 111 tahun silam karena sudah dipertandingkan sejak April 1899. Huah…kalian pasti belum lahir, kan? Tua banget ya usia All England. Gizoner, kompetisi tersebut sempat beberapa kali tidak dilaksanakan karena berbagai hal, seperti saat Perang Dunia I (1915-1919) dan II (1940-1946). Yupz, memang perang bikin sengsara, ya! Makanya yang akur ma temen, jangan suka berantem. Hehe…maksain petuah dikit, ya! Nah, sejak digelar, All England sudah berpindah tempat ke 8 lokasi berbeda.
Gizoner, sebelum All England, nama turnamen ini adalah “Kejuaraan Inggris Terbuka'” dan hanya memainkan sektor ganda, yaitu ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Namun, setelah itu, nomor tunggal putra dan putri ikut ditarungkan. Nama All England sendiri baru dipakai sejak 1902.
All England sempat diberi “gelar” sebagai kejuaraan dunia tidak resmi oleh insan bulutangkis di dunia ini. Itu karena penting dan bergengsinya turnamen ini. Turnamen ini mempunyai sejarah panjang dan tertua di dunia. Para pemain, belum merasa lengkap menjadi yang terbaik jika belum merebut gelar juara All England. Ooo…gitu tho! Kalau nggak memenangi All England, berarti bukan pemenang badminton sejati, ck, ck, ck…segitunya, ya!

Thomas Uber

Tahukah kamu? Ciele…kayak kuis anak-anak nadanya, ya! Nama Thomas dan Uber diambil dari pemain legendaris di dunia bulutangkis, Piala Thomas diambil dari nama ketua IBF pertama asal Inggris sekaligus Pemain Legendaris Bulu Tangkis yang telah menjuarai All England sebanyak empat kali berturut-turut antara tahun 1903-1927 yakni Sir George Alan Thomas.
Sir George memberikan IBF sebuah piala hasil karya seorang pengrajin perak bernama Atkin Bros. Piala setinggi 28 inci ini bertuliskan “The International Badminton Championship Cup presented to the International Badminton Federation by Sir George Thomas, Bart., 1939“. Di atas mangkuknya terdapat patung kecil atlet bulutangkis.
Nah, sedangkan awal mula pertandingan Thomas Cup ini berlangsung dinegara Preston dan Negara Malaya (sekarang Malaysia) merupakan Negara yg pertama kali memboyong Piala Thomas setelah mengalahkan Tim Thomas Denmark di partai Final dengan skor 8-1. Wuis, keren banget, ya! The first time, lho!
Liga Inggris
Gizoner, dari catatan sejarah liga ini didirikan pada tahun 1992. Ada beberapa istilah atau sebutan untuk liga ini, seperti Liga Primer Inggris (Premier League, nama lama F.A. Premier League), Liga Barclays Premiership di Britania Raya dan Barclays English Premier League secara internasional. Liga ini merupakan kompetisi antara klub sepak bola Inggris yang berada kelas utama dari sekian struktur liga sepak bola Inggris, sehingga karenanya maka menjadi kompetisi sepak bola primer di Inggris.
Dari sejumlah 20 klub peserta liga yang berkompetisi di Liga Utama Inggris maka dalam satu putaran musim kompetisi setiap klub melakukan pertandingan melawan klub lain sebanyak dua kali pertandingan. Yaitu sekali di stadion mereka (home base stadium) dan sekali lagi di tempat lawannya (away).
Balap Formula 1
Gizoner, apa sih sebenarnya F1 itu? Masih pada bingung kan? Formula 1 adalah satu perangkat aturan teknis untuk balap mobil kursi tunggal (single seater) yang diumumkan oleh Federation Internatianal d’Automobile (FIA), lembaga tertinggi yang bertanggung jawab atas segala jenis olahraga otomotif. Aturan tersebut dibuat tahunan serta menjelaskan secara rinci ukuran maksimal dan minimal kapasitas mesin, aturan teknis, dan aturan keselamatan pembalap serta penonton. Mobil yang dibangun dengan aturan ini disebut dengan mobil Formula 1.
Nah, sedangkan perlombaan yang menggunakan mobil tersebut dinamakan balap mobil Formula 1, gitu! Selain itu ada spesifikasi kelas lainnya dari FIA, seperti F-3 dan F-3000. Namun Formula 1 ialah tingkat kompetisi tertinggi yang terdapat di dunia olahraga otomotif.
Setiap pembalap yang ikut ambil bagian dalam kompetisi Formula 1, baik sebagai pembalap utama maupun cadangan wajib memiliki super license, sebuah tanda masuk bagi calon pembalap Formula 1 yang dikeluarkan FIA. Untuk mendapatkannya seorang calon pembalap diharuskan mengendarai mobil Formula 1 sepanjang 300 km dan disaksikan oleh wakil dari FIA. Apabila mereka menilai bahwa pembalap tersebut layak untuk berlomba di Formula 1, FIA akan memberikan super license dan sang pembalap bebas mengikuti lomba Formula 1. Wuis ketat bin keren, ya! Emmm…pengin ya naik F1, rasanya gimana, ya? Apa seperti naik angin, ya! Hehe…
Gizoner, itulah perlombaan yang menggaet jutaan pasang mata di seluruh dunia tuk menontonnya. Masih ada lagi perlombaan yang bikin andrenalin kita berpacu, next time kita bahas, ya! Met menikmati acara tersebut. Tapi, jangan lupa! Tetep belajar dan ibadah yang rajin, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar