Rabu, 25 Agustus 2010

Tolong, aku terjebak di Australia!


Maaf, jika kau mengira aku betul-betul terjebak di negeri kangguru tersebut. Sekali lagi maaf. Tulisan ini hanya mau membagi rasa keheranan saja. Beberapa minggu yang lalu, aku iseng menulis kata “Candikala Aries Adenata” di search engine yang paling popular, yakni di mbah google.

Ha…! Novel yang saya tulis 3-4 tahun yang lalu terjebak salah satu sudut ruang koleksi National Library of Australia. Novel itu berjudul “Candikala”. Sebuah novel yang mengangkat mitos bunuh diri di Gunung Kidul. Sebuah mitos yang mereka namakan pulung gantung. Jika terjadi pulung gantung. Maka, warga(yang tua) rame-rame memukul kentongan mengelilingi kampong. Sedangkan anak-anak memainkan pecut alias cemeti.

Sebuah mitos yang di luar nalar dan akal sehat. Bayangkan! Angka bunuh diri di Gunung Kidul sekitar 20-30 pertahun. Sebuah angka tertinggi bunuh diri di Indonesia. Angka yang sangat fantastic bukan? Banyak faktor yang melatar belakangi kenapa mereka bunuh diri. Diantaranya adalah kemiskinan, penyakit, kondisi alam, dsb.

Sebuah tugas berat bagi negara dan para tokohnya untuk menyadarkan, bahwa mitos itu tidak benar. Bunuh diri adalah dosa besar dan tak terampuni!

Aku berharap, buku itu tidak terjebak secara fisik. Namun, ia dapat berjalan ke seantero dunia untuk mengabarkan duka di Gunung Kidul dan memberi pencerahan bagi mereka. Bukan kah begitu bung?

4 komentar:

  1. Jadi pengen baca bukunya, karena kebetulan baru saja kelar PKL di Gunung Kidul. Untung tidak ada kasus Pulung Gantung.

    Oya, apa kalau bukunya terjebak scr fisik, Pak Aries rugi? Bukannya bagus ya Pak bisa go abroad?
    Sekalian ijin pasang link blog ini ya Pak, nuhun

    BalasHapus
  2. Muslimahsakura. Bukunya kayaknya suda hilang dari peredaran pasar. Semoga bisa cetak ulang neh!
    Saya berharap buku itu tidak berjamur di rak saja, tapi ide besar dari buku itu bergerak kemana saja.
    Monggo, silahkan pasang linknya.

    BalasHapus
  3. WAH.. selamat mas Aden..:)
    go abroad!

    BalasHapus